Cara Mudah Hacking captive portal Wireless

Ada beberapa cara yang biasa dipakai oleh administrator jaringan Wireless untuk mencegah orang asing terhubung ke internet. yaitu dengan memanfaatkan otentikasi WEP, WPA dan juga Captive Portal. untuk melakukan hacking pada setiap jaringan tersebut membutuhkan cara yang berbeda pula. namun, pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada anda secara khusus cara hacking jaringan Wireless dengan fitur keamanan berupa Captive Portal.

Pernahkah anda ketika berkunjung ke hotspot cafe diharuskan memasukkan username dan password?, jika halaman login muncul ketika anda pertama kali membuka web browser, maka jenis keamanan yang dipakai di tempat itu merupakan jenis Captive Portal. Captive portal adalah suatu sistem otentikasi yang diberikan sebuah Access Point dengan memanfaatkan Halaman Web. cara kerja sebuah captive portal adalah dengan memberikan sebuah halaman web kepada user yang hendak terhubung kepada sebuah Access Point Wireless. adapun teknik yang saya gunakan pada artikel ini berdasarkan cara kerja Access Point yang kurang optimal karena hanya mengenal user berdasarkan IP Address dan Mac Address.
Step untuk melakukan hacking Captive portal pada jaringan wireless adalah sebagai berikut:
1. Menghubungkan PC ke sebuah AP (access point)
2. Scanning komputer client
3. Samakan IP dan Mac Address dengan PC lain yang telah terhubung.
4. Restart Wireless Interface
Wireless Hacking in action
 saya ngepost ginian karna kecewa ma skul saya yang telah mengganti keamanan wifi nya dengan captive portal nie ,, pdhal kan mw jga awg mkek ntuk browsing dan download2 film..
karna terlalu gelisah gk browsing2 lg diskul ..
saya oprek2 ke mas google lh akhirnya dapat nie .. 

nie tampilan waktu saya buka browser di skul saya
perasaan kesel, jengkel tercampur aduk karna da melihat ini ..
 
Namun, tidak perlu repot-repot membeli atau menebak-nebak username dan password, karena  dengan memanfaatkan kelemahan dari Access Point kita dapat melewati halaman login tersebut dan menggunakan internet dengan gratis.
Tahap 2. Scanning komputer client
yang dimaksud dengan scanning adalah melihat siapa saja user/PC yang terhubung ke AP. ada banyak tool yang bisa dipakai. namun, yang saya gunakan kali ini adalah tool ringan bernama netcut. berikut adalah hasil scanningnya.
bisa kita lihat diatas banyak calon korban yang bisa kita manfaatkan. :). dan saya memutuskan untuk memilih pasien dengan IP Address 192.168.1.100 yang juga memiliki Mac Address atau Physical Address 00:02:6F:6A:7C:B4
Tahap 3. Samakan IP dan Mac Address dengan PC lain yang telah terhubung.
Saat ini komputer saya memiliki IP Address 192.168.1.16 dan Mac Address xx:xx:xx:xx:xx:xx (rahasia dong.. hehehe). selanjutnya saya tinggal mengubah IP Address dan Mac Address komputer saya dengan IP Address 192.168.1.100 dan Mac Address 00:02:6F:6A:7C:B4 (alamat komputer korban).
untuk mengubah IP Address di Windows XP kita dapat pergi ke: Control Panel=> Network Connections, Klik kanan Wireless Network Connection, Properties, Scroll ke bawah hingga menemui pilihan "Intenet Protocol (TCP/IP)" dan double klik disitu. kemudian muncul sebuah jendela baru dan saya isikan seperti ini:
keterangan:
IP Address : diisikan dengan IP Address komputer korban
Subnet Mask : dapat terisi secara otomatis
Default Gateway : IP Address dari Access Point (bisa dilihat dengan menggunakan netcut) 
Preffered DNS Server : memilih layanan DNS server yang ada didunia maya (8.8.8.8 adalah milik google) 
Alternate DNS Server: cadangan DNS server jika yang pertama sedang bermasalah.


Tahap  4. Restart Wireless Interface
Control Panel=> Network Connections, klik kanan Wireless Network Connection dan pilih disable. setelah mati, kembali klik kanan dan pilih enable.
Sampai sini 4 tahap mudah ini telah kita jalani, sekarang tinggal testing.. n_n
saya buka web browser dan tidak muncul lagi halaman yang meminta username dan password. saya pergi ke google.com dan tidak ada masalah, bahkan koneksi disini sangat kuuenceng.
kemudian saya mencoba mendownload sebuah file dari internet..... dan hasilnya sangat fantastis. kecepatan download maximal bisa mencapai 200Kbps (kecepatan mendownload paling kenceng yang pernah saya temui).. padahal di kos saya di jogja yang memakai langganan telkom speedy maksimal kecepatan download hanya sampai 60Kbps. 
keren....... kenceng n gratis lagi.... hehehhehee... asik.... tarik mang.... :D
1. kemaanan jaringan internet dengan memanfaatkan fasilitas captive portal adalah kemanan yang paling dasar dan mudah ditembus, paling parahnya lagi, sistem keamanan captive portal adalah yang paling banyak dipakai, baik di kampus-kampus, cafe atau bahkan di deket rumah anda juga... :).
sebagai tambahan bagi para administrator jaringan wireless, jika ingin mengamankan jaringan anda dari orang-orang yang maunya gratisan melulu, lebih baik anda menambahkan sistem otentikasi berupa WEP key ataupun WPA karena lebih aman.
2. teknik yang saya gunakan masih memiliki sedikit kelemahan, yaitu terkadang di komputer kita muncul sebuah notifikasi yang mengatakan bahwa terjadi konflik IP Address dalam jaringan, hal ini dikarenakan pada jaringan tersebut terdapat 2 komputer yang memiliki IP yang sama (komputer kita dan komputer korban).

hehehe..
Silahkan tinggalkan komentar anda pada posting ini
14 Komentar untuk " Cara Mudah Hacking captive portal Wireless "

gan, cara update mac addressnya bejimane?

Dab trus caranya install netcut gmn?

cara nginstal netcutnya ..
bysa lh macam ngnstal software laennya ..
doble click netcut.exe ..
install jga wincapnya ...

bang, kok jadi konflik IPnya?
blaze

ini hanya dasar mas ..
anda bisa berkreasi sendiri ..

Hemmmmmm... gimana mau work. Di dalam satu jaringan gak boleh ada ip yang sama karena akan bentrok..

Tetangga sebelah bilang, yang aman itu justru captive portal++freeradius.

gemanaaa sehhh!!

Hey there! I know this is kinda off topic however ,
I'd figured I'd ask. Would you be interested in exchanging links or maybe
guest authoring a blog article or vice-versa? My blog discusses a
lot of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit
from each other. If you're interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!
Also visit my blog Work from home

Very nice article, totally what I was looking for.
Also visit my web-site ; how to play piano

Normally I don't learn post on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to check out and do it! Your writing taste has been surprised me. Thanks, quite great post.
Feel free to visit my web page ... http://www.signets-medias.ca/login.php

Thank you for any other informative blog. The place else
may I get that kind of info written in such a perfect manner?
I have a venture that I'm just now running on, and I have been at the glance out for such info.
Feel free to surf my webpage ; diablo 3 guide

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I don't know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren't already ;)
Cheers!
Also visit my page :: skin lightening

Heya i'm for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and help others like you helped me.
My website: laser tattoo removal

Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for
this site? I'm getting tired of Wordpress because I've had issues with hackers and I'm looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.
My homepage ; reduce acne overnight

Back To Top